Infrastruktur Kelistrikan Telah Rampung, PLN Siap Sukseskan Pergelaran ‘World Surf League Nias Pro 2023’

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik pada Kejuaraan 'World Surf League Nias Pro 2023'

topmetro.news – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik pada Kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’, tanggal 11 hingga 17 September 2023 di Teluk Dalam, Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Even yang telah berlangsung sejak tahun 2018 dan sempat terjeda selama pandemi ini, merupakan Kualifikasi Seri 5000. Serta akan diramaikan oleh sebanyak 198 peserta dari 15 negara ditargetkan menggaet lebih dari 20 ribu wisatawan.

Untuk memastikan persiapan tersebut, Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan PT PLN (Persero) Kantor Pusat Agung Nugraha didampingi Vice President Pengendalian Distribusi Sumatera dan Kalimantan PT PLN (Persero) Kantor Pusat Taufik Hidayat, Senior Manager Distribusi PLN UID Sumatera Utara Khairul Lingga, dan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias Ramses Hutajulu, melakukan apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan kesiapan kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’, Jumat (8/9/2023).

Dalam tinjauan tersebut, Agung Nugraha juga melakukan uji coba skema pengaman kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik agar jika terjadi gangguan dapat pulih kembali.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengatakan, infrastruktur kelistrikan dalam mendukung kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’ telah rampung 100 persen. Ia juga menyampaikan akan terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi andal.

“Seluruh persiapan telah rampung 100 persen. PLN akan terus menjaga dan mengawal agar keandalan pasokan listrik selama kejuaraan ini berjalan dengan baik. Sikap tanggap dan cepat jika terdapat gangguan harus segera diselesaikan. Untuk itu, PLN telah mempersiapkan 40 petugas yang terdiri dari pegawai PLN dan petugas pelayanan teknik selama kejuaraan tersebut berlangsung,” ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan selama kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’, terdapat 19 titik lokasi prioritas pengamanan suplai kelistikan, di antaranya 4 titik di venue utama dan 15 titik penginapan peserta dan pengunjung yang akan mengikuti kejuaraan tersebut.

Tidak hanya itu, untuk mensukseskan kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’, selain suplai utama sistem kelistrikan berasal dari PLN, dalam gelaran ini juga tersedia suplai cadangan yaitu 1 buah genset kapasitas 75 KVA dan 1 buah Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan kapasitas 250 kVA dalam menjaga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Simulasi skema pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan saat pergelaran berlangsung, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 30 detik,” tutup Tonny.

Kelistrikan di venue utama kejuaraan ‘World Surf League Nias Pro 2023’ dan beberapa venue pendukung lainnya akan terus dipantau dan dipastikan aman. Pengecekan berkala akan terus dilakukan petugas PLN guna mendukung kesuksesan acara mulai dari pembukaan, puncak acara hingga penutupan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment